BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Minggu, 22 November 2009

Budayaa Tarian dan Gotong Royongg 'MASOHI'


Sumber : https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgm_fzoY66AMqC0QyvYqHeL4OL6f34Ogp03UmYY5zNMVZMwIDCrU92KAx6tiCSMKN25xD0VPPgbI_Vk5HDk4yCUhGVrlvK2yUoeBPJ4a1p-H8wVSie9PYZbw9qUgXunbVUDo543evh7RRI/s400/2008_06_23_02_43_00_bambu.jpg


Salah satu tarian tradisional yang dapat kita kenal adalah sebuah tarian yang bernama tari Bulu Gila atau Bambu Gila, suatu tarian yang berasal dari permainan rakyat Maluku Tengah. Tarian ini adalah permainan tradisional yang biasanya dipertunjukkan para pemuda desa pada acara-acara tertentu. Dahulu para penari akan bergerak dengan lincah mengikuti gerakan bambu gila yang telah dimanterai oleh pawang. Mereka akan membuat gerakan rangkaian dan saling mengaitkan tangan, dengan kelincahan gerakan kaki yang meliputi berjalan, melompat maupun berlari mengikuti suara musik yang dinamis. Dengan gerakan yang begitu dinamis maka para penari dituntut memiliki fisik yang cukup kuat.

Kini tari itu hampir punah, dan hanya tinggal gerakan-gerakannya yang diubah menjadi tari lincah dengan gerakan kaki serta bulu (bambu) yang didekap kedua tangan. Gerak itu menandakan kesatuan dan persatuan dalam masyarakat. Gerakan yang kompak dan seirama ini sebenarnya merupakan lambang dari semangat gotong royong, yaitu membangkitkan jiwa persatuan dan kesatuan dalam melaksanakan berbagai segi hidup, yang adalah gambarang dari jiwa kegotong-royongan atau “Masohi” yang adalah budaya masyarakat Maluku sejak dulu kala.


0 komentar: